Rabu, 09 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi



Informasi 

Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang atau bisa disebut informasi adalah sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi penerimanya.

Sistem Informasi Psikologi

A. Sistem
Asal kata Sistem berasal dari bahasa Latin systema  dan bahasa Yunanisustema.  sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.  Atau dapat juga dikatakan bahwa Pengertian Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, secara umum Pengertian Sistem adalah perangkat unsur yang teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.  

B. Informasi
informasi adalah sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi penerimanya.Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

C. Psikologi
Pengertian Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Jadi dapat disimpulkan Bahwa Sistem informasi Psikologi adalah suatu komponen atau perangkat unsur yang  berbentuk data yang saling berkaitan dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang berkaitan tentang perilaku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Arsitektur Komputer
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Atribut dari sistem sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
Contoh : set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme

Strukur Kognisi Manusia 
struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

Analisis Sistem Periklanan Pada Mobile

 Perkembangan sistem komunikasi yang semakin cepat membawa dampak yang cukup besar bagi dunia periklanan pada aplikasi mobile. Hal tersebut disebabkan oleh besarnya peluang bagi perusahaan untuk memasarkan produknya dalam bentuk mobileadvertisement. Mobile advertisement adalah sebuah iklan yang dapat tampil dalam berbagai bentuk, seperti musik, grafik, suara, atau tulisan melalui terminal telekomunikasi mobile. Salah satu kelebihan mobileadvertisement adalah dapat melakukan one-to-one marketingdan mass marketingse cara bersamaan. Pada umumnya perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak pengembang aplikasi mobile yang telah populer atau paling banyak diunduh, dengan cara memasang iklan pada aplikasi tersebut.
Sejak tahun 2000 ada jenis mobile advertisement lain yang dengan cepat mendapatkan kepopuleran, yaitu iklan pada aplikasi ponsel. Dengan adanya smartphone, jenis aplikasi yang dapat dikembangkan semakin luas. Beberapa sistem operasi smartphone popular seperti, iPhone, Android, dan Blackberry,memiliki toko aplikasi yang mampu menampung berbagai aplikasi dalam jumlah besar. Jenis aplikasi tidak lagi terbatas pada web browserdan aplikasi email, tetapi meluas pada berbagai aplikasi jejaring sosial, games, multimedia player, dan lain-lain. Perkembangan smartphoneini pun menarik banyak developer untuk mengembangkan aplikasi bagi smartphone, terutama cross-platform applications untuk meminimalkan biaya pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.

Aplikasi mobile adalah salah satu pemicu tingginya minat pengguna ponsel untuk beralih ke smartphone dan membuat banyak perusahaan ingin memanfaatkan mobile advertisement, dengan anggapan bahwa pemasangan iklan pada aplikasi mobile yang populer akan meningkatkan peluang terlihatnya iklan oleh pengguna aplikasi.

Pemaparan (exposure) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemasar untuk menyampaikan stimulus kepada konsumen. Konsumen yang merasakan stimulus yang datang ke salah satu pancainderanya disebut dengan sensasi. Konsumen dapat terekspose pada informasi dalam lingkungannya seperti strategi pemasaran, terutama melalui perilaku mereka sendiri. Ada 2 jenis eksposur terhadap informasi pemasaran: eksposur yang diinginkan (intentional exposure) atau disengaja dan eksposur tak sengaja (accidental exposure) atau random.
1.       Eksposur yang disengaja
Membuat informasi pemasaran yang tepat tersedia ketika dimana konsumen membutuhkannya. Contoh : Pramuniaga tanpa ditanya langsung menjelaskan produk kepada konsumen, Sebuah perusahaan dapat mempresentasikan hasil produknya lewat seminar-seminar.
2.      Eksposur yang tidak disengaja
Memaksimalkan kemungkinan segmen sasaran terekspos pada iklan perusahaan mereka. (konsumen tidak sengaja melihat iklan produk). Contoh : Baliho-baliho di jalan, Stiker yang ditempel di tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang. Biasanya pada eksposur ini lebih menempatkan gambar-gambar menarik dan warna-warna yang beragam atau memanfaatkan kecanggihan elektronik iklan seperti billboard atau TV.


 Kelebihan dan kekurangan

 Menurut saya sistem periklanan mempunyai kelebihan sebagai berikut :

1.  Sebagai daya tarik bagi konsumen
2. Sebagai daya jual bagi perusahaan
3. Memudahkan konsumen dalam pencarian informasi
4. Iklan yang dikirimkan dapat disesuaikan dengan personalisasi penerima iklan
5. Iklan dapat dikirimkan ke banyak penerima sekaligus

Menurut saya sistem periklanan mempunyai kekurangan sebagai berikut :

  1.     Pemasangan iklan pada mobile smartphone tidaklah efektif sebab reaksi dari para pengguna smartphone terhadap iklan yang mereka lihat cenderung negatif.
  2. .    Sebagian besar pengguna mengaku tidak pernah membuka link iklan yang mereka lihat selama menggunakan smartphone. 
  3.         Terkadang iklan pada mobile smartphone menggangu aktivitas pengguna ketika sedang menggunakan.









 JURNAL : ANALISISEFEKTIVITAS PEMASANGAN IKLANPADA APLIKASI MOBILEDAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHINYA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar