Informasi
Pengertian Informasi
Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah
menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi
pengambilan keputusan saat ini atau mendatang atau bisa disebut informasi
adalah sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi
penerimanya.
Sistem Informasi
Psikologi
A. Sistem
Asal kata Sistem
berasal dari bahasa Latin systema dan bahasa Yunanisustema. sistem
adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk
mencapai suatu tujuan. Atau dapat juga dikatakan bahwa Pengertian Sistem
adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi
dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, secara umum
Pengertian Sistem adalah perangkat unsur yang teratur saling berkaitan sehingga
membentuk suatu totalitas.
B. Informasi
informasi adalah
sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi
penerimanya.Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah
menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi
pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
C. Psikologi
Pengertian Psikologi adalah
ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu
maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa
tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun
yang tidak disadari.
Jadi dapat disimpulkan
Bahwa Sistem informasi Psikologi adalah suatu komponen atau perangkat unsur yang berbentuk data yang saling
berkaitan dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
berkaitan tentang perilaku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang
disadari maupun yang tidak disadari.
Arsitektur Komputer
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Atribut dari sistem sistem komputer yang terkait dengan seorang
programer
Contoh : set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme
Strukur Kognisi
Manusia
struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan
kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur
kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang
diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi
lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka
struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur
kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang
yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari
lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk
berkembang.
Analisis Sistem Periklanan Pada Mobile
Perkembangan sistem komunikasi yang semakin
cepat membawa dampak yang cukup besar bagi dunia periklanan pada aplikasi mobile.
Hal tersebut disebabkan oleh besarnya peluang bagi perusahaan untuk memasarkan
produknya dalam bentuk mobileadvertisement. Mobile advertisement adalah
sebuah iklan yang dapat tampil dalam berbagai bentuk, seperti musik, grafik,
suara, atau tulisan melalui terminal telekomunikasi mobile. Salah satu
kelebihan mobileadvertisement adalah dapat melakukan one-to-one
marketingdan mass marketingse cara bersamaan. Pada umumnya
perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak pengembang aplikasi mobile yang
telah populer atau paling banyak diunduh, dengan cara memasang iklan pada
aplikasi tersebut.
Sejak tahun 2000
ada jenis mobile advertisement lain yang dengan cepat mendapatkan
kepopuleran, yaitu iklan pada aplikasi ponsel. Dengan adanya smartphone,
jenis aplikasi yang dapat dikembangkan semakin luas. Beberapa sistem operasi smartphone
popular seperti, iPhone, Android, dan Blackberry,memiliki toko aplikasi
yang mampu menampung berbagai aplikasi dalam jumlah besar. Jenis aplikasi tidak
lagi terbatas pada web browserdan aplikasi email, tetapi meluas
pada berbagai aplikasi jejaring sosial, games, multimedia player,
dan lain-lain. Perkembangan smartphoneini pun menarik banyak developer
untuk mengembangkan aplikasi bagi smartphone, terutama cross-platform
applications untuk meminimalkan biaya pengembangan dan pemeliharaan
aplikasi.
Aplikasi
mobile adalah salah satu pemicu tingginya minat pengguna ponsel untuk
beralih ke smartphone dan membuat banyak perusahaan ingin memanfaatkan mobile
advertisement, dengan anggapan bahwa pemasangan iklan pada aplikasi mobile
yang populer akan meningkatkan peluang terlihatnya iklan oleh pengguna
aplikasi.
Pemaparan (exposure)
adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemasar untuk menyampaikan stimulus kepada
konsumen. Konsumen yang merasakan stimulus yang datang ke salah satu
pancainderanya disebut dengan sensasi. Konsumen dapat terekspose pada informasi
dalam lingkungannya seperti strategi pemasaran, terutama melalui perilaku
mereka sendiri. Ada 2 jenis eksposur terhadap informasi pemasaran: eksposur
yang diinginkan (intentional exposure) atau disengaja dan eksposur tak
sengaja (accidental exposure) atau random.
1. Eksposur yang disengaja
Membuat
informasi pemasaran yang tepat tersedia ketika dimana konsumen membutuhkannya.
Contoh : Pramuniaga tanpa ditanya langsung menjelaskan produk kepada konsumen,
Sebuah perusahaan dapat mempresentasikan hasil produknya lewat seminar-seminar.
2. Eksposur
yang tidak disengaja
Memaksimalkan
kemungkinan segmen sasaran terekspos pada iklan perusahaan mereka. (konsumen
tidak sengaja melihat iklan produk). Contoh : Baliho-baliho di jalan, Stiker
yang ditempel di tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang. Biasanya pada
eksposur ini lebih menempatkan gambar-gambar menarik dan warna-warna yang
beragam atau memanfaatkan kecanggihan elektronik iklan seperti billboard atau
TV.
Kelebihan dan kekurangan
Menurut saya
sistem periklanan mempunyai kelebihan sebagai berikut :
1. Sebagai daya tarik bagi konsumen
2. Sebagai daya jual bagi
perusahaan
3. Memudahkan konsumen dalam
pencarian informasi
4. Iklan yang dikirimkan dapat disesuaikan dengan
personalisasi penerima iklan
5. Iklan dapat
dikirimkan ke banyak penerima sekaligus
Menurut saya sistem
periklanan mempunyai kekurangan sebagai berikut :
- Pemasangan iklan pada mobile smartphone tidaklah efektif sebab reaksi dari para pengguna smartphone terhadap iklan yang mereka lihat cenderung negatif.
- . Sebagian besar pengguna mengaku tidak pernah membuka link iklan yang mereka lihat selama menggunakan smartphone.
- Terkadang iklan pada mobile smartphone menggangu aktivitas pengguna ketika sedang menggunakan.
JURNAL : ANALISISEFEKTIVITAS PEMASANGAN IKLANPADA APLIKASI MOBILEDAN
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHINYA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar