Jika mendengar kata manajemen, pasti pikiran kita otomatis mengarah kepada sesuatu kegiatan yang erat kaitannya dengan bidang ekonomi. Padahal pada faktanya, pengertian manajemen tidak hanya merupakan istilah yang identik dengan bidang tersebut. berikut ada penuturan beberapa pakar mengenai pengertian manajemen sehingga anda akan lebih mengerti makna dari istilah yang berasal dari Bahasa Inggris “manage” yang artinya mengatur itu.
Pernyataan pertama diutarakan oleh Harold Koontz. Konsultan Amerika yang berasal dari California ini menganggap pengertian manajemen adalah seni menyelesaikan suatu pekerjaan melalui dan dengan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok formal yang terorganisir. Pengertian ini ditulis dalam bukunya yang berjudul “The Management Theory Jungle”.
Teori tentang pengertian manajemen kedua datang dari seorang ahli ilmu manajemen asal Istanbul, Turki yang bernama Henri Fayol. Dalam bukunya yang berjudul “Industrial and General Administration”, ia menganggap pengertian manajemen ialah cara yang digunakan untuk mengelola sesuatu guna memprediksi, merencanakan, mengatur, memerintah, mengkoordinasikan, serta mengendalikan.
Dari sekian pengertian manajemen yang dituturkan oleh para pakar di atas, bisa disimpulkan bahwa manajemen adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menerima tanggung jawab guna menjalankan sebuah organisasi. Dalam organisasi tersebut, mereka akan mengatur, mengarahkan, dan juga mengawasi segala hal yang penting dalam organisasi yang sudah pasti dilakukan bersama-sama dengan kadar tanggung jawab yang seimbang, bahkan manajemen akan memotivasi pihak lain untuk melakukan pekerjaan dengan cara berkoordinasi agar bisa mencapai tujuan organisasi yang mereka harapkan.
Apa itu Kepemimpinan ?
Menurut Tead (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.
Moejiono (2002) memandang bahwa leadership tersebut sebenarnya sebagai akibat pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya. Para ahli teori sukarela (compliance induction theorist) cenderung memandang leadership sebagai pemaksaan atau pendesakan pengaruh secara tidak langsung dan sebagai sarana untuk membentuk kelompok sesuai dengan keinginan pemimpin (Moejiono, 2002).
Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepemimpinan-menurut-para-ahli/
http://indoopustaka.com/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar